Thursday, July 5, 2018

Azis Grafis

Perbedaan RAM DDR2, DDR3 dan DDR4

RAM ( Random Acces Memory ) Merupakan komponen paling penting dalam komputer, jadi jika tidak ada komponen ini komputer tidak akan berjalan. Memang semakin berkembangnya zaman RAM selalu memiliki perubahan hingga saat ini yaitu DDR4 mungkin tahun yang akan datang terciptalah DDR5.
Perbedaan RAM DDR2, DDR3 dan DDR4

Perbedaan RAM DDR2, DDR3 dan DDR4. Perbedaan RAM memang bisa di lihat dari fisik, slot dari mulai RAM DDR1, sampai DDR4 pasti berbeda sehingga untuk membedakannya bisa kita lihat dari bentuknya.


Sebelum lebih lanjut ini dia penjelasan mengenai RAM. Memori akses acak ( Random access memory, RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

  • DDR2
    DDR2 SDRAM merupakan jenis RAM (Random Access Memory) yang banyak digunakan pada era komputer sekelas Pentium 4. DDR RAM ini memiliki satu celah dibagian kakinya dan dipasang pada slot DIMM/DDR yang memiliki 183 pin di motherboard. DDR RAM mempunyai kecepatan transfer dan menyimpan data hampir 2 kali lipat dibandingkan RAM jenis SDRAM. Kapasitas yang dimiliki RAM jenis DDR RAM ini dimulai dari 128 Mb hingga 1 Gb perkeping memorinya. Saat ini DDR2 telah digantikan dengan DDR3 SDRAM.

    Dengan pemindahan data 64 bit pada satu waktu, DDR2 SDRAM memiliki kecepatan transfer sebesar (kecepatan clock memori) × 2 (untuk pengali clock bus) × 2 (untuk penggandaan kecepatan) × 64 (jumlah bit yang dipindahkan) / 8 (jumlah bit pada setiap bita). Jadi, dengan frekuensi clock memori sebesar 100 MHz, DDR2 SDRAM memiliki kecepatan transfer maksimum 3200 MB/detik.

  • DDR3
    DDR3 SDRAM (bahasa Inggris: Double Data Rate type 3 Synchronous Dynamic Random Access Memory) adalah istilah komputasi yang ditujukan pada jenis modern dari "Memori Akses Acak Dinamis" (bahasa Inggris: Dynamic Random Access Memory) (DRAM) dengan antarmuka yang menggunakan lebar pita tinggi, dan telah digunakan sejak 2007. DDR3 SDRAM tidak kompatibel ke depan maupun ke belakang dengan semua jenis Memori Akses Acak terdahulu manapun, karena perbedaan tegangan pensinyalan, waktu, dan faktor lain.
  • DDR4Dalam komputasi, DDR4 SDRAM, singkatan untuk kecepatan data ganda dinamis sinkron generasi keempat memori akses acak, adalah jenis sinkron dinamis memori akses acak (SDRAM) dengan bandwidth yang tinggi ("double data rate") antarmuka.

    Dirilis ke pasar pada tahun 2014, ini adalah salah satu yang terbaru varian memori akses acak dinamis (DRAM), yang beberapa telah digunakan sejak awal tahun 1970,  dan pengganti berkecepatan tinggi teknologi DDR2 dan DDR3.
Perbedaan Ram DDR2
  • Memerlukan Voltase 1.8V
  • Frekuensi transfer 400MHz sampai 1066MHz
  • Nama standar DDR2-400, DDR2-533, DDR2-677, DDR2-800, dan DDR2-1066
Perbedaan Ram DDR3
  • Memerlukan Voltase 1.5V
  • Frekuensi transfer hingga 2133 MHz
  • Lebih hemat
  • Harga lebih mahal daripada DDR2
  • Latensi yang lebih unggul
  • Kemampuan untuk mentransfer I / O data di delapan kali data tingkat memori berisi sel
Perbedaan Ram DDR4
  • Chip DDR4 menggunakan pasokan 1,2 V dengan 2,5 V
  • Kecepatan transfer 2133 MT/s diperkirakan naik ke potensi 4266 MT/s
Nah itu setidaknya perbedaan RAM dari DDR2 samapi DDR4, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda dalam memahami perbedaan dari setiap jenis RAM. Cukup sekian dari saya dan terimakasih.