Tuesday, July 3, 2018

Azis Grafis

Bahaya Isi Daya ( Ngecas ) Laptop dengan Charger lain

Memang belum banyak yang tahu mengenai bahaya dari cara ini, betul sekali walaupun hal ini terbilang sepele tetapi kita harus bisa memahami dari masalah yang timbul dari hal yang sepele ini. Namun tahukah Anda jika ada mitos yang mengatakan bahwa saat mengisi daya baterai laptop menggunakan charger laptop lain bisa berbahaya.

Bahaya Isi Daya ( Ngecas ) Laptop dengan Charger lain

Laptop merupakan salah satu benda yang wajib dimiliki oleh sebagian orang saat ini. Bagaimana tidak, laptop memiliki beragam fungsi bagi para penggunanya. Jika dulu laptop dianggap hanya sebagai benda yang digunakan untuk bekerja saja, sekarang tentu tidak. Fungsi laptop pun semakin berkembang lagi.


Langsung saja ada beberapa alasan mengapa kita tidak boleh mengisi daya laptop dengan Charger lain yang berbeda tipe, antara lain :

  • Charger dengan laptop beda merek
    Apabila merek sama namun spesifikasi berbeda saja sudah berbahaya, apalagi jika berbeda merek. Namun sayangnya banyak orang yang tidak paham hal ini. Sehingga tukar-menukar charger laptop sering dilakukan, yang penting bisa mengisi saja. Namun dalam beberapa kejadian tertentu, laptop  masih bisa selamat karena beberapa charger yang meskipun berbeda merk namun berasal dari satu manufaktur.
  • Jangan membeli charger dengan harga murah
    Biasanya banyak orang memutuskan membeli charger yang murah meriah saat charger original rusak. Alasannya karena ingin hemat. Sebenarnya Anda perlu mengetahui kualitas charger tersebut terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa charger yang sembarangan tersebut malah bisa merusak komponen pada laptop, lho. Lebih baik mengelurakan uang lebih banyak di awal untuk membeli charger original, daripada harus mengeluarkan banyak biaya di akhir karena laptop rusak.
  • Perhatikan spesifikasi detail dari charger
    Perlu dipahami bahwa tidak semua laptop memiliki spesifikasi yang sama, termasuk masalah charger. Memang setiap laptop mempunyai jenis yang berbeda-beda, sehingga kamu perlu memerhatikan spesifikasi dari laptop tersebut secara mendetail. Jangan hanya memerhatikan dari sebagian saja. Jenis laptop pun berbeda-beda.

Mungkin itu yang bisa saya sampaikan mengenai bahaya dari charger laptop lain untuk laptop kita. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah sedikit wawasan dalam hal hal yang di bilang sepele.