Monday, July 2, 2018

Azis Grafis

3 Penyebab Utama Rusaknya Busi Sepeda Motor

3 Penyebab Utama Rusaknya Busi Sepeda Motor. Busi (dari bahasa Belanda bougie dan aslinya bahasa Prancis, bahasa Inggris: spark plug) adalah suatu suku cadang yang dipasang pada mesin pembakaran dalam dengan ujung elektrode pada ruang bakar. Busi dipasang untuk membakar bensin yang telah dikompres oleh piston. Percikan busi berupa percikan elektrik. Pada bagian tengah busi terdapat elektrode yang dihubungkan dengan kabel ke koil pengapian (ignition coil) di luar busi, dan dengan ground pada bagian bawah busi, membentuk suatu celah percikan di dalam silinder. Hak paten untuk busi diberikan secara terpisah kepada Nikola Tesla, Richard Simms, dan Robert Bosch. Karl Benz juga merupakan salah satu yang dianggap sebagai perancang busi.


Busi Merupakan suku cadang motor yang dipasang pada mesin pembakaran dalam dengan ujung elektrode pada ruang bakar. Busi dipasang untuk membakar bensin yang telah dikompres oleh piston. Busi memang mempunyai bentuk yang kecil sehingga terkadang sering dilupakan dari perhatian pemilik motor.
3 Penyebab Utama Rusaknya Busi Sepeda Motor

Komponen ini membutuhkan perhatian & perawatan yang rutin karena jika busi motor rusak maka motor anda akan mogok atau tidak bisa hidup secara normal.

Jadi pentingnya kegunaan busi pada sepeda motor kita harus selalu memberikan perhatian khusus dan perawatan yang berkala supaya busi sepeda motor kita bisa tetap tahan lama alias awet.

Langsung saja pada topik utama yaitu alasan atau penyebab utama cepat rusaknya busi sepeda motor baik Honda, Yamaha maupun Suzuki yaitu sebagai berikut.

  1. Kebocoran Kompresi Mesin
    Kebocoran kompresi bisa diartikan sebagai hilangnya tekanan di ruang silinder ruang pembakaran (combustion chamber). Hal ini membuat proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan tenaga mesin akan ngempos. Motor yang kompresi mesinnya bocor akan terasa lambat tarikan gasnya meskipun grip gas sudah dibuka penuh. Bahkan putaran mesin saat langsam atau di rpm tinggi pun terkadang hilang. Akibat dari kebocoran ini mengakibatkan busi cepat mati dan berwarna hitam pekat.
  2. Setelan Bahan Bakar Tidak Pas
    Salah seting bahan bakar dapat berakibat hisapan bensin terlalu banyak. Hal ini biasanya terjadi pada motor yang masih menggunakan karburator. Dalam kondisi ini karburator menjadi banjir yang mengakibatkan ruang mesin terlalu banyak bensin sehingga menjadi lembap dan cepat kotor. Busi yang kotor dapat mengakibatkan korsleting dan membuatnya cepat mati.
  3. Korsleting Pada Jalur Pengapian
    Korsleting ini membuat motor menjadi ngadat (brebet). Korsleting ini juga menjadi alat pengapian seperti koil, cdi spul cepat mati.

Mungkin itu sedikit penjelasan mengenai penyebab rusaknya busi pada sepeda motor, semoga bisa bermanfaat dan menambah inspirasi anda dalam dunia otomotif ini, sekian dan terimakasih.