Monday, July 9, 2018

Azis Grafis

3 Penyebab Ban Tubeless Rembes dan Cara mengatasinya

Memang perkembangan ban pada sepeda motor semakin maju setelah tidak lagi menggunakan ban dalam sekarang menggunakan ban tubeless. Memang setiap barang atau benda pasti memiliki kelebihan dan juga kekurangan seperti halnya ban tubeless.

3 Penyebab Ban Tubeless Rembes dan Cara mengatasinya

3 Penyebab Ban Tubeless Rembes dan Cara mengatasinya. Jika ban tubeless anda masih tebal dan mengalami rembes atau keluar angin sehingga tekanan angin pada ban tersebut berkurang itu di sebabkan oleh beberapa faktor. Seperti halnya velg, atau sebaginya. Sebelum membahas penyebab ban tubeless rembes, kita akan sedikit menjelasakan apa itu ban tubeless.

Ban tanpa tube (bahasa Inggris: tubeless) adalah ban yang dirancang tanpa mempunyai ban dalam. Ban ini diciptakan sekitar tahun 1990. Ban tubeless adalah ban pneumatik yang tidak memerlukan ban dalam seperti ban pneumatik biasa. Ban tubeless memiliki tulang rusuk yang terus-menerus dibentuk secara integral ke dalam manik ban sehingga mereka dipaksa oleh tekanan udara di dalam ban untuk menutup dengan flensa dari velg roda logam.


Itu setidaknya sedikit penjelasan mengenai ban tubeless, sekarang langsung saja ini dia penyebab ban tubeless sering rembes :

  • Velg Kotor
    kondisi velg yang kotor,velg cw (casting wheel) memang tidak berkarat,namun demikian kotoran yang menempel di bagian dalam velg yang disebabkan oleh ban lama atau,sisa cat velg atau dari kotoran lain yang menyumbat di bagian dalam velg persisnya yang menempel langsung dengan ban tubeless yang menentukan keluar tidaknya angin dari dalam ban,jika hal ini terjadi yaitu kondisi dalam velg yang kotor kemungkinan angin dari dalam ban bisa keluar sedikit demi sedikit yang mengakibatkan ban motor rembes.
  • Ban Tubeless tertusuk benda tajamdisebabkan karena ban tertusuk benda tajam seperti paku,kawat dan benda tajam lainnya.

    Tidak seperti ban biasa,ban tubeless bila tertusuk benda tajam udara dari dalam ban tidak akan langsung habis terbuang,dalam artian udara tetap keluar namun sedikit demi sedikit dan terkadang udara tidak keluar sama sekali padahal paku benar-benar menacap,inilah yang menjadi kelebihan ban motor jenis tubeless.

  • Karet pentil tubeless rusakkondisi pentil tubeless yang sudah rusak,biasanya ini terjadi pada pentil tubeless besi dengan dua karet seal.

    Mengapa hanya terjadi pada jenis pentil tubeless besi bukan jenis pentil tubeless karet seperti bawaan motor.

    Jenis pentil tubeless besi baik itu jenis pentil tubeless bukaan dalam maupun bukaan luar keduannya menggunakan dua karet seal yang berfungsi untuk menahan udara keluar.
Mungkin itu yang bisa saya sampaikan mengenai penyebab rembesnya ban tubeless, semoga bisa bermanfaat dan menambah sedikit pengetahuan anda mengenai dunia otomotif, cukup sekian dari saya dan terimakasih.