Wednesday, August 9, 2017

Azis Grafis

Cara Crop 10 foto jadi satu dengan CorelDraw

Cara Crop 10 foto jadi satu dengan CorelDraw
Cara Crop atau potong semua atau banyak foto maupun gambar jadi satu dengan CorelDraw. Cara ini digunakan untuk memotong foto jika kita akan potong lebih dari satu foto menjadi satu kali potong sehingga tidak memakan waktu untuk memotong-nya. Walaupun cara ini sederhana dan bisa dibilang cepat untuk pengerjaan-nya tapi sangat penting dan membantu dalah kegiatan anda sepertihal-nya kegiatan potong - memotong gambar dengan cepat. Untuk tips kali ini saya menggunakan CorelDRAW X4 dengan tools yang digunakan untuk memotong foto-nya adalah tools INTERSECT. Cukup dengan satu tools saja yang saya gunakan tetapi bisa digunakan untuk Crop foto yang banyak dengan satu kali sentuhan saja. Sebelum kita lanjut untuk cara crop foto tersebut kita wajib mengetahui penjelasan mengenai CROP dan INTERSECT itu sendiri. Untuk penjelasan-nya bisa anda baca dibawah ini.

Cropping adalah penghapusan bagian sudut dari suatu gambar untuk memotong/mengambil/mengeluarkan sebagian isi dari gambar guna memperoleh hasil yang diinginkan.

Editing atau pengolahan foto dilakukan untuk membuat foto terlihat lebih bagus, lebih cantik, dan lebih berkesan. Salah satu proses editing dasar yang sering dilakukan adalah CROPPING.

Intersect adalah salah satu fasilitas dalam CorelDRAW untuk memotong/memodifikasi sebuah objek dengan bantuan objek lainnya. Intersect memiliki fungsi yang hampir sama dengan Trim yaitu untuk memotong objek menggunakan objek lainnya.

Itu penjelasan mengenai CROP dan tools yang akan di gunakan untuk crop foto. Semoga bisa menambah pengetahuan anda kemudian untuk penjelasan-nya bisa anda ikuti dibawah ini dengan seksama dan teliti.

Cara Crop 10 foto jadi satu dengan CorelDraw

  • Untuk langkah yang pertama kita Import atau masukan foto terlebih dahulu kedalam CorelDRAW dengan cara Drag atau import pada menu File > Import
  • Setelah itu Kita Grup semua foto atau gambar menjadi satu cara-nya dengan kita blok semua lalu tekan tombol CTRL + G.
  • Setelah itu Kita bisa membuat Kotak dengan ukuran yang sesuai objek memakai tools RECTANGE seperti berikut ini.
  • Posisikan Kotak pada objek yang akan kita potong.
  • Kemudian Klik Kotak lalu tekan tombol SHIFT kemudian klik gambar  yang akan kita CROP.
  • Setelah itu kita pilih INTERSECT.
  • Dan tinggal kita geser gambar yang sudah kita CROP kemudian untuk memisahkan-nya kita tinggal klik gambar yang sudah kita Crop kemudian tekan tombol CTRL + U untuk memisahkan-nya.
  • Jika sudah maka untuk hasil crop semua-nya seperti berikut ini.
  • Itu saja yang saya sampaikan semoga bermanfaat & Terimakasih.
Mungkin itu sedikit tips yang bisa saya bagikan semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda mengenai desain grafis. 

Tinggalkan komentar bila ada pertanyaan dan saya ucapkan terimakasih.