Thursday, February 23, 2017

Azis Grafis

Membuat Desain Karcis Parkir dengan CorelDRAW

Membuat Desain Karcis Parkir dengan CorelDRAW
Membuat Desain Karcis Parkir dengan CorelDRAW, Mungkin anda ingin mencobah membuat sebuah desain karcis parkir baik untuk sepeda motor atau  mobil. Untuk membuat desain karcis sebenar-nya tidak sesulit yang kalian bayangkan, serta tidak semudah yang kalian perlihatkan, hanya di butuhkan sedikit Konsentrasi saja untuk membuat desain karcis atau tiket tersebut. Untuk aplikasi yang saya gunakan untuk membuat desain tiket adalah CorelDRAW X7, namun bisa juga mencoba cara ini dengan versi lain.

Sedangkan untuk ukuran standart karcis adalah 7 x 16,5 cm itu untuk ukuran standart. Jika kita menggunakan kertas Folio atau F4 satu lembar-nya bisa kita buat menjadi 6 bagian, Nanti baru kita potong menjadi satu persatu, sehingga bisa lebih menghemat kertas dan menjaga supaya bumi tetap terawat.

Pada umum-nya karcis atau tiket ada berbagai jenis dan kegunaan-nya mulai dari tiket atau karcis KERETA, PESAWAT, PARKIR, BUS, OBYEK WISATA, PERTANDINGAN, maupun jenis tiket yang lain-nya. Maka dari itu sebelum kita membuat desain karcis atau bisa kita sebut tiket ataupun tanda masuk sebuah lokasi, kita bahas terlebih dahulu apa fungsi dari Tiket atau karcis ? Mungkin jika ada yang belum mengetahui fungsi utama karcis bisa jadi tahu fungsi-nya. Fungsi-nya adalah sebagai bukti bahwa kita telah melakukan pembelian atau pembayaran kepada pihak yang menyediakan penjualan tiket secara resmi, ataupun sebagai iuran untuk mengelola tempat tersebut supaya lebih terawat dan terjaga keamanan serta kebersihan-nya.

Jika sudah paham atau memahami arti dan kegunaa-nya baru kita mulai cara membuat desain Tiket parkir dengan CorelDRAW, Untuk cara-nya sebagai berikut ini :
  1. Untuk langkah yang pertama kita buat Kotak terlebih dahulu dengan RECTANGE TOOLS untuk ukuran 7 x 16,5 cm.
  2. Setelah itu kita bisa membuat tulisan yang akan kita gunakan pada kertas karcis dengan TEXT TOOLS serta gunakan jenis font atau text yang sesuai.
  3. Setelah itu supaya lebih menari dan lebih bagus bisa kita tambahkan gambar vektor sepeda motor, menyesuaikan dengan jenis tiket yang kita desain, bila mobil kita gunakan vektor mobil.
  4. Setelah itu Kita bisa membuat garis potong untuk membuat garis potong pada tiket dengan menggunakan Bezier dengan model garis putus-putus, Untuk cara membuat garis putus-putus bisa di lihat pada artikel Cara membuat garis putus-putus dengan CorelDRAW
  5. Setelah itu kita  bisa membuat desain dengan keinginan kita dari background, tata letak-nya sampai dengan hasil-nya.
  6. Jika sudah selesai maka untuk hasil-nya bisa seperti berikut ini.
    Membuat Desain Karcis Parkir dengan CorelDRAW
  7. Jika semua-nya sudah selesai, tinggal kita gabungkan menjadi kertas F4 sehingga menjadi 6 bagian untuk Karcis atau tiket tersebut.
  8. Jika sudah maka tinggal kita PRINT sendiri.
  9. Sampai di sini untuk cara membuat desain karcis dengan CorelDRAW, untuk proses PRINT bisa di sambung artikel yang lain.
  10. Sekian dan terimakasih.
Note :
Tinggalkan Komentar Jika kurang paham atau kurang jelas ! terimakasih semoga bermanfaat : >